Rabu, 11 Juni 2008

Trik Memelihara Iman

Iman seorang manusia dapat naik dan turun. Iman perlu dijaga agar kita tidak sampai lengah terhadap godaan syetan. Iman layaknya pohon yang harus dijaga agar tetap subu dan kokoh, meskipun di musim kemarau sekalipun. Maka dari itu, perlu disiram air dan diberi pupuk agar tetap subur. Begitu pula dengan iman, siraman rohani agar tetap kuat. Berikut ini trik agar iman tetap kuat:
1. Muhasabatunnafsi, yaitu melakukan introspeksi diri. Mengidentifikasi apa saja kelemahan, kekurangan, dan kesalahan kita, lalu diperbaiki dengan sungguh-sungguh.
2. Riyadhah rhiyah, yaitu dengan membiasakan amalan-amalan sunnah seperti shaum sunnah, salat Dhuha, salat Tahajjud,dan amalan-amalan lain yang dapat menyuburkan ruhiyah.
3. Tadabbur Al-Quran, yaitu membaca, memahami, menghayati, serta mengamalkan Al-Quran. Rasulullah saw pernah bersabda,”Sebaik-baik dari kalian adalah yang mempelajari Al-Qur’an, kemudian mengajarkannya.” (H.R. Bukhari)
4. Dzikrullah (banyak mengingat Allah). Dengan mengingat Allah, hati akan menjadi tentram. Ketentraman itu terasa dari jiwa ihsan, yaitu merasakan Allah selalu melihatnya sehinggga setiap aktivitas senantiasa ada dalam tataran fitrahnya.
5. Memperbanyak doa. Doa merupakan kekuatan orang muslim.
6. Mencintai fakir miskin dan anak yatim. Abu Hurairah r.a. bercerita, seseorang melaporkan kepada Rasulullah saw. tentang kegersangan qalbu yang dialami. Beliau menegaskan,” Bila engkau mau menghidupkan qalbumu, beri makanlah orang-orang miskin dan cintai anak yatim.”
Demikianlah trik agar iman kita tetap kuat. Bisa dicoba nih, triknya biar iman kita kuat dan Insya Allah bertambah kuat. Mau???

Tidak ada komentar: