Selasa, 03 Maret 2009

Annisaa Week news

ITB, I'm In Love!
BANDUNG, itb.ac.id - Pada masa remaja akhir, tentunya perasaan menyukai seseorang muslimah terhadap seorang muslim akan semakin berkembang. Namun, masalah percintaan ini harus dijaga seperti yang telah disyariatkan dalam agama Islam. Bagaimana dengan masalah percintaan mahasiswa zaman sekarang ? Untuk itu lah, pada hari Sabtu (21/02/09) bertempat di Galeri I Campus Center Timur ITB diadakan talkshow yang berjudul "ITB I'm in Love" yang termasuk dalam rangkaian acara Annisaa Week 09 yang diadakan oleh Gamais ITB tanggal 17-21 Februari 2009. Hadir sebagai pembicara dalam talkshow kali ini adalah Asma Nadia (penulis novel), Fitri Arianti (psikolog LMS), dan Ghaida Tsuraya (FI'06).

Menurut Teori Segitiga Cinta yang dipaparkan oleh Fitri, ada 3 hal utama yang menimbulkan rasa cinta, yaitu : passion (hasrat), intimacy (keakraban), dan commitment (komitmen). Dalam hal keakraban, Fitri mengatakan bahwa ikatan cinta paling kuat itu adalah ikatan cinta antara ibu dan anak. Hal tersebut dibuktikan dengan tertulisnya di dalam Al Qur'an bahwa salah satu tanda kiamat adalah ketika seorang ibu lupa pada anaknya.

Di sela-sela talkshow, peserta dihibur dengan penampilan nasyid dari Teknik Informatika '07. Kemudian, dalam acara ini, diresmikanlah Sekolah Muslimah yang didirikan oleh Gamais ITB bekerjasama dengan Majelis Ta'lim Salman. Dalam sekolah yang terdiri dari 8 pertemuan ini, para muslimah akan diajarkan untuk menjahit, memasak, dan hal-hal kewanitaan lainnya. Tujuan didirikannya Sekolah Muslimah adalah untuk membentuk pribadi muslimah sesuai ajaran dalam Al Qur'an, memfasilitasi kebutuhan para wanita, dan membangun kesadaran akan pentingnya peran wanita dalam sebuah peradaban.

Talkshow dilanjutkan dengan pembicara Asma Nadia, seorang penulis novel islami. Menurut beliau, cinta itu tidak dilarang, namun ada toleransi, batasan, dan penempatannya. Selama rutinitas tidak terganggu, tidak mengubah pencapaian dan tidak mengarah pada maksiat, rasa cinta itu boleh dipelihara. Tetapi bila dirasakan sudah tidak dapat menjaga hati dari perasaan cinta terhadap lawan jenis, sebaiknya menikah lah untuk menghindari zinah, dengan syarat sudah mendapat restu dari kedua orangtua.

Selain itu, Ghaida Tsuraya, mahasiswi ITB jurusan Fisika yang juga putri dari Aa' Gym, berbagi pengalaman atas keputusannya untuk menikah muda November 2008 lalu. Ghaida mengaku bahwa pernikahan yang ia lakukan ini karena untuk menjaga hatinya dari zinah pra-nikah yang kerap kali terjadi pada remaja. Ghaida merasa setelah menikah tidak ada yang berubah dari keseharian, selain sudah dapat mencintai seseorang yang telah mendampingi hidupnya tanpa takut dosa lagi.

Rangkaian acara ditutup dengan pembagian hadiah bagi para pemenang lomba. Dalam Annisaa Week 09 ini, terdapat berbagai macam lomba, yaitu: lomba kreativitas jilbab, lomba memasak, self beauty makeover, dan lomba rajut, yang berlangsung pada tanggal 17-20 Februari 2009 dengan peserta tidak hanya dari kalangan mahasiswa ITB saja.

Jilbab Traveler : Berjilbab nggak berarti kamu nggak bisa keliling dunia !

Asma Nadia, penulis novel islami yang kerap kali memenangkan berbagai penghargaan di dunia sastra, kebetulan saat ini baru meluncurkan buku cetakan perdana Asma Nadia Publishing House yang berjudul "Jilbab Traveler". Buku tersebut berisi tentang perjalanan-perjalanan teman-teman Isma -panggilan akrab Asma Nadia- ke Negara-negara asing yang mayoritas penduduknya non-muslim. Terdapat tips-tips, objek wisata yang dapat dikunjungi, dan beberapa kalimat dalam bahasa asing yang biasa digunakan dalam perjalanan.

"Saya sengaja mengajak teman-teman saya untuk membukukan pengalaman mereka selama berada di luar negeri. Pendapat orang-orang di luar sana (luar negeri) yang ditemui dengan para pemakai jilbab, ternyata tidak negatif. Bahkan, selama perjalanan, mereka tidak menemukan hambatan dikarenakan mereka memakai jilbab", kata Isma saat menceritakan isi bukunya. Oleh karena itu, melalui buku ini, Isma ingin berbagi pengalaman dan tips-tips untuk para pemakai jilbab yang akan berperjalanan ke luar negeri.

Tidak ada komentar: